header-int

Ciri Ciri Sakit Lambung

Selasa, 26 Mar 2024, 11:36:24 WIB - 104 View
Share
Ciri Ciri Sakit Lambung

Sakit Lambung atau lebih dikenal dengan istilah asam lambung (acid reflux) atau disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat ditandai dengan beberapa gejala. Salah satu gejala khas penyakit ini adalah munculnya rasa panas di dada. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak. Penting untuk mengetahui apa saja penyebab asam lambung meningkat.

Meski penyakit ini tidak berakibat fatal, namun bukan berarti penyakit ini bisa diabaikan begitu saja. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa memicu berbagai komplikasi kesehatan.

Kenali Tanda-Tanda / Ciri Ciri Sakit Lambung

Sebaiknya jangan anggap remeh nyeri dada seperti terbakar atau mulas yang terjadi setelah mengonsumsi makanan atau minuman berkafein. Kondisi ini bisa menjadi tanda pada sakit lambung atau asam lambung meningkat. Faktanya, penyakit asam lambung sering disalahartikan sebagai penyakit jantung karena gejala utamanya hampir sama, yaitu nyeri dada.

Hal ini kemudian menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan dan mulut. Dalam hal ini timbul rasa panas atau terbakar di dada atau mulas dan rasa tidak nyaman di perut. Kondisi ini bertambah parah saat korban sudah makan atau berbaring.

Menurut American Academy of Allergy Asthma and Immunology, selain rasa mulas dan asam di mulut, ada beberapa tanda lain yang menandakan peningkatan asam lambung, seperti sedikit rasa kenyang, lebih sering bersendawa, sakit tenggorokan. , mual, muntah dan lebih banyak air liur. Produksi. , bau mulut dan batuk tanpa lendir.

Namun jangan khawatir, kondisi ini masih dianggap normal jika tidak terjadi selama beberapa hari, terjadi 1-2 kali dalam sebulan dan gejala muncul setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, serta setelah mengonsumsi makanan berlemak dan pedas.

GERD bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Hal ini menyebabkan gejala umum yang berkepanjangan termasuk muntah berdarah, nyeri rahang, dan sesak napas. Anda dapat segera menjalani pemeriksaan di rumah sakit terdekat untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kelemahan otot pada kerongkongan sebenarnya menjadi salah satu penyebab GERD. Pada penderita penyakit asam lambung, otot  tidak bisa menutup rapat sehingga menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Beberapa kondisi medis dapat meningkatkan risiko melemahnya otot esofagus, seperti obesitas, usia, kehamilan, konsumsi makanan pedas berlebihan, alkohol, merokok, bahkan kondisi stres dapat memengaruhi fungsi otot esofagus secara optimal. .

Tidak hanya gaya hidup dan pola makan, peningkatan asam lambung juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit seperti gastroparesis, skleroderma, dan hernia hiatus. maka dari itu demikian informasi seputar ciri ciri sakit lambung semoga bermanfaat untuk anda, tetap jaga kesehatan !

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube