header-int

Ciri-ciri Planet Venus

Selasa, 26 Mar 2024, 10:18:35 WIB - 132 View
Share
Ciri-ciri Planet Venus

Ciri-ciri planet Venus yang kita ketahui adalah merupakan planet terdekat dengan Matahari setelah Merkurius. Planet Venus sering disalahartikan sebagai bintang karena cahayanya tampak begitu terang dari Bumi. Planet ini juga dapat dengan mudah diamati pada malam hari dan dini hari. Selain itu, planet Venus sering dianggap sebagai kembaran Bumi lho, 

Faktanya, Venus memiliki sifat yang sangat mirip dengan Bumi. Massa Venus hanya sedikit lebih kecil, sekitar 80% massa Bumi. Informasi lebih lanjut mengenai ciri-ciri planet Venus dapat dilihat di bawah.

Ciri-ciri planet Venus

Planet Venus disebut juga bintang sore atau bintang pagi, yang dapat diamati pada sore hari dan sebelum matahari terbit.

Berikut ciri-ciri planet Venus yang perlu Anda ketahui:

1. Hampir seluruh permukaannya merupakan tanah vulkanik
Ciri-ciri planet Venus yang pertama adalah memiliki banyak gunung berapi. Ada sekitar 167 gunung berapi di planet Venus, lebih banyak daripada di Bumi.
Permukaan Venus menunjukkan tanda-tanda aktivitas gunung berapi dan keberadaan belerang di atmosfer menandakan terjadinya letusan gunung berapi.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa Venus lebih aktif secara vulkanik dibandingkan Bumi, melainkan karena kerak Venus yang lebih tua. Gunung tertinggi di Venus adalah Maxwell Montes di Ishtar Terra. Ketinggiannya sekitar 11 kilometer di atas rata-rata tinggi permukaan Venus. Ada 12 sambaran petir di planet Venus. Namun, tidak ada hujan di planet Venus seperti di Bumi. Ada kemungkinan petir yang muncul di Venus disebabkan oleh abu letusan gunung berapi.

2. Orbit planet Venus
Orbit adalah pergerakan suatu planet mengelilingi matahari dalam jangka waktu tertentu Semua planet berputar berlawanan arah jarum jam mengelilingi matahari. Sesuai dengan ciri-ciri planet Venus, ia berputar mengelilingi Matahari searah jarum jam dan berada di Bumi selama 243 hari.

Ini adalah orbit planet terakhir di tata surya. Planet Venus mempunyai periode orbit 224,65 hari dibandingkan planet Bumi. Rata-rata planet yang mengelilingi Matahari berbentuk elips, namun hal ini berbeda dengan bentuk orbit Venus mengelilingi Matahari yang berbentuk lingkaran.

Faktanya, eksentrisitas planet Venus kurang dari 0,01. Eksentrisitas orbit adalah seberapa besar penyimpangan orbit dari lingkaran sempurna.

3. Planet terpanas di tata surya
Venus bukanlah planet terdekat dengan Matahari, namun disebut-sebut sebagai planet terpanas. Hal ini disebabkan padatnya atmosfer planet Venus. Kepadatan ini menghasilkan panas di planet Venus seperti efek rumah kaca yang menghangatkan Bumi. Alhasil, suhu di Venus mencapai 471 derajat Celcius. Dimana suhunya lebih panas dari planet Merkurius.

Tak heran jika planet ini dijuluki "Planet Neraka" atau planet terpanas, padahal jaraknya dari Matahari sekitar 108,2 juta kilometer. Pada suhu yang sangat tinggi, Venus mempunyai atmosfer yang sangat panas.

Atmosfer planet ini sebagian besar terdiri dari karbon dioksida, awan asam sulfat, dan sejumlah kecil air. Atmosfer planet Venus juga lebih berat dibandingkan planet lainnya sehingga membuat tekanan di permukaannya 90 kali lebih besar dibandingkan tekanan di Bumi. Sebagai gambaran, tekanan di Venus serupa dengan tekanan yang ada di lautan pada kedalaman 1.000 meter.

4. Rotasi planet Venus

Ciri lain dari planet Venus adalah ia berputar perlahan dari timur ke barat menuju matahari. Planet Venus yang terletak di ekuator memiliki kecepatan sekitar 65 km/jam atau 40 mph di Matahari.

Hal ini memperlambat Venus sidereal sebesar 6,5 menit per hari dibandingkan dengan Matahari. Hari sideris Venus lebih panjang 243 hari Bumi dibandingkan tahun Venus, yaitu 224,7 hari Bumi.

Akibat perputaran Venus yang lambat, lama hari matahari Venus lebih pendek dibandingkan harinya sendiri, yaitu sekitar 116,75 hari Bumi. Periode rotasi Venus juga lebih lama dibandingkan periode orbitnya. Faktanya, Venus berputar hampir 180 derajat pada porosnya.

5. Tekanan yang cukup ekstrim
Ciri-ciri planet Venus selanjutnya adalah tekanannya yang cukup ekstrim. Bisa juga dikatakan bahwa tekanannya 90 kali lebih besar dari tekanan di Bumi.
Bisa dibilang ini setara dengan tekanan air di Bumi. Fakta ini membuat banyak orang menganggap Venus juga mengerikan. Meski hampir terlihat seperti Bumi.

6. Geografi planet Venus
Planet Venus merupakan planet dengan diameter 12.092 kilometer. Ukuran ini berarti sedikit lebih kecil, yaitu 650 kilometer dari Bumi. Sebanyak 81,5%, Venus juga memiliki massa lebih rendah dari Bumi. Planet Venus terdiri dari 80% gunung berapi, 70% daratan, 20% dua benua tinggi, dan 10% daratan halus dan melengkung. Venus juga memiliki gunung, lembah, kawah tubrukan, dan fitur unik lainnya.

Yang unik adalah adanya cincin pecah yang dikelilingi cekungan yang disebut coronae. Aspek gunung berapi ini memiliki puncak datar dan lebar antara 20 hingga 50 kilometer. Meski tingginya mencapai 100 hingga 1.000 meter, namun biasa disebut Farra. Selama waktu ini, terjadi serangkaian patahan radial berbentuk bintang yang disebut nova.

7. Struktur internal planet Venus
Struktur internal Venus dan Bumi serupa; misalnya, mereka memiliki kerak, inti, dan mantel yang sama. Namun Venus lebih kecil dari Bumi karena tekanan internalnya lebih rendah. Venus dekat dengan Bumi, yaitu berdekatan, dan memiliki inti planet cair. Hal ini karena salju mendingin bersama bumi.

Tidak adanya lempeng tektonik di Venus menyebabkan jumlah panas yang tersedia di Venus berkurang sehingga mencegah planet mendingin. Kurangnya lempeng tektonik disebabkan oleh padatnya kerak planet Venus dan kurangnya air sehingga dapat menurunkan viskositas planet Venus.

8. Angin sangat kencang

Di permukaan Venus, angin bertiup sangat kencang hingga mencapai kecepatan 360 kilometer per jam. Angin bertiup hingga 60 kali lebih cepat dibandingkan rotasi planet itu sendiri.
Kondisi atmosfer di planet Venus terlalu ekstrim sehingga penelitian terhadap planet ini masih terbatas.

9. Planet yang jarang terlihat melintas di depan Matahari
Di antara planet-planet lainnya, Venus adalah salah satu planet yang paling sedikit terlihat melalui Matahari dari Bumi. Sangat jarang penampakan Venus melewati Matahari kurang dari sekali dalam satu abad.

Sejak penemuan teleskop pada tahun 1608, Venus hanya terlihat melintasi Matahari sebanyak tujuh kali! Terakhir kali Venus melintasi Matahari adalah pada tanggal 5 dan 6 Juni 2012, dan terlihat di Amerika Utara dan sebagian Amerika Selatan, Asia Barat, dan Afrika Selatan. "Timur dan hampir seluruh Eropa." Apakah kamu kehilangannya? Sayangnya, anda harus menunggu hingga tahun 2117 hingga Venus kembali melintasi Matahari!

10. Tidak mempunyai medan magnet
Ciri lain dari planet Venus adalah tidak memiliki medan magnet. Bentuk dan ukurannya hampir sama dengan Bumi, hanya saja planet ini tidak memiliki dinamo.

Inti planet Venus diyakini bersifat konduktif listrik. Sedangkan rotasi planet relatif lambat karena mengorbit Matahari. Kendati demikian, simulasi rotasi Venus tetap menghasilkan dinamo.

Akibatnya, peningkatan suhu mantel mengurangi aliran panas dari inti planet. Inilah ciri-ciri planet Venus yang bisa Anda ajarkan kepada anak Anda.

Semoga membantu, ya!

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube