header-int

Omeprazole Manfaat Efek Samping Dan Kontraindikasi

Selasa, 26 Mar 2024, 10:51:20 WIB - 127 View
Share
Omeprazole Manfaat Efek Samping Dan Kontraindikasi

Beberapa dari Anda mungkin mengalami gangguan asam lambung seperti GERD (gastroesophageal reflux disease) dan sakit maag. Sakit perut disertai mual atau muntah memang sangat mengganggu dan terkadang dapat mengganggu aktivitas Anda. Omeprazole adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi gangguan ini.

Obat ini diketahui mampu menurunkan produksi asam lambung sehingga meringankan gejala yang dialami pasien. Anda yang baru mendengar tentang obat ini pasti bertanya-tanya seberapa aman obat ini bukan? Apakah obat ini menimbulkan efek samping? Kesunyian! Lifepack akan menjawabnya di komentar berikut.

Ketahui manfaat Omeprazol

Omeprazole merupakan obat yang termasuk dalam kelompok penghambat pompa proton (PPI). Obat ini merupakan obat resep dan tidak dapat digunakan sembarangan melainkan harus dengan resep dokter.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, omeprazole kerap digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah asam lambung. Obat ini mengurangi produksi asam lambung. Omeprazol. Gangguan asam lambung apa saja yang bisa diobati dengan obat ini?

1. GERD (penyakit refluks gastroesofageal)

GERD atau penyakit refluks gastroesofageal adalah suatu kondisi yang terjadi ketika cincin otot di ujung esofagus tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini memungkinkan isi lambung (asam lambung) mengalir kembali ke kerongkongan dan mengiritasi permukaan kerongkongan.

2. Sakit maag

Tukak lambung adalah luka akibat asam lambung yang terus menerus menyerang permukaan dinding lambung.

3. Sindrom Zollinger-Ellison

Sindrom Zollinger-Ellison adalah penyakit yang relatif jarang terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh terbentuknya satu atau lebih tumor (gastrinoma) di pankreas atau duodenum. Tumor ini menyebabkan lambung memproduksi lebih banyak asam lambung.

4. Infeksi H.pylori

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri H.pylori. Bakteri ini bekerja dengan cara merusak lapisan lambung.

Selain itu, obat ini juga mengurangi gejala yang dialami pasien saat asam lambung meningkat. Gejala yang dapat diobati dengan obat ini antara lain mulas (rasa terbakar di dada), sakit perut, dan mual. Ini juga membantu menyembuhkan kerusakan jaringan akibat asam lambung di kerongkongan.

Efek samping

Ada risiko efek samping saat menggunakan obat ini, namun jarang terjadi.Efek yang paling banyak di alami oleh pengguna di antaranya adalah:

  • Gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan
  • ruam
  • Demam
  • gejala flu
  • Mual atau muntah
  • Sakit kepala
  • Denyut jantung

Gejala efek samping yang mungkin memburuk adalah sebagai berikut:

  • Terjadi diare, terkadang disertai darah
  • Kekurangan vitamin B12
  • Reaksi alergi terhadap obat
  • Kadar kalium darah rendah
  • Kadar magnesium rendah

Jika Anda melihat salah satu gejala efek samping di atas, segera dapatkan bantuan medis dan dapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Kontraindikasi omeprazol

Interaksi obat

Omeprazole dapat berinteraksi dengan obat lain. Jika Anda ingin menggunakan obat ini dengan obat lain, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

kelompok risiko

Dapatkan saran dokter apabila obat ini wajib dikonsumsi oleh ibu hamil atau ibu menyusui. Jangan gunakan obat ini pada orang dengan masalah kesehatan tertentu seperti gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

peringatan

Anda Sebelum meminum obat omeprazole  ini, ada beberapa hal yang harus Anda ingat. Anda Pastikan memahami cara penggunaan obat ini. Jika kurang paham, tanyakan kembali pada dokter  atau apoteker. Hal ini untuk menghindari misinformasi.

Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa pengawasan medis. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan sesuai anjuran dokter atau anjuran pada label kemasan. Tanyakan tentang penggunaan obat ini jika ditujukan untuk wanita hamil atau menyusui.

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube