header-int

UIR Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Rabu, 20 Mar 2024, 16:05:41 WIB - 106 View
Share
UIR Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Kali ini UI kembali mengikuti kegiatan program lama kami yaitu Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 yang akan dilaksanakan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta atau ibu kota begitu kita biasa menyebutnya. Program ini berlangsung pada tanggal 1 Oktober hingga 8 Oktober 2016. UI mengirimkan 29 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk melaksanakan 9 program pengabdian di Pulau Tidung. Program nirlaba ini terbagi dalam tiga tema utama yaitu industri kreatif, kesehatan dan pendidikan lingkungan hidup yang disesuaikan dengan kondisi sosial budaya Pulau Tidung.

Program ekonomi kreatif yang dilaksanakan meliputi pelatihan produksi minyak kelapa murni (VCO) kepada ibu-ibu rumah tangga, pembuatan website dengan domain village.id dan pembuatan peta potensi wisata Pulau Tidung. Kemudian, halaman yang dibuat akan menjadi saluran media untuk memperkenalkan bisnis kota dan potensi wisata Pulau Tidung kepada seluruh masyarakat.

“Beberapa anggota tim kami, mahasiswa geografi, juga membantu kabupaten-kabupaten kecil memetakan potensi wisata Tidung menggunakan aplikasi geografis,” kata Putri, General Manager Program ENJ UI.

Selain itu, tim UI juga mengusulkan program pendidikan UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Cerdas bagi dokter junior di Pulau Tidung berupa pengetahuan dasar tentang gizi dan pola hidup sehat. Untuk melaksanakan program kesehatan lingkungan, tim UI juga melakukan layanan inspeksi gratis pada hari pertama dan bekerja di tingkat masyarakat untuk membersihkan pantai pada hari terakhir.

Pada saat yang sama, program pendidikan mencakup pembentukan komite berbahasa Inggris, bahan ajar bahasa Inggris untuk siswa kejuruan dan program pelatihan tentang tempat pembuangan sampah kota. Semua program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga lokal dan memaksimalkan potensi lokal untuk meningkatkan pariwisata lokal.

ENJ merupakan program eksplorasi maritim Indonesia yang melibatkan generasi muda Indonesia yang terdiri dari pelajar, penjelajah, dan siswa sekolah menengah. Tahun ini ENJ mengusung tema semangat pemuda dengan tema utama “Meningkatkan pengetahuan kelautan generasi muda dan menghubungkan pulau-pulau perbatasan NKRI”.

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube
nexus slot